Kode dan Badan Standar Untuk Non Destructive Test (NDT)

Sebagian besar negara memiliki satu atau lebih organisasi yang mengembangkan dan menerbitkan standar industri teknis (“badan standar”). Beberapa tidak, dan mereka biasanya mengacu pada kode dan standar yang ada untuk proyek manufaktur, fabrikasi, dan konstruksi. Di Amerika Serikat, organisasi-organisasi ini biasanya independen dari industri swasta, tetapi di banyak negara mereka adalah lembaga pemerintah. Daftar tidak lengkap di bawah ini memberikan contoh beberapa badan standar yang biasa digunakan oleh staf NDT.

Di bawah setiap nama badan standar dan alamat web adalah deskripsi singkat dari badan itu. Berikut ini adalah contoh beberapa kode, standar, atau spesifikasi terkait NDT yang dikeluarkan oleh organisasi Anda. Sebagian besar situs web organisasi ini memiliki tautan “diterbitkan” yang dapat Anda gunakan untuk menemukan kode dan standar lain yang diterbitkan oleh mereka. Semua organisasi yang terdaftar di sini menggunakan proses konsensus dengan pakar materi pelajaran industri untuk pengembangan kode dan standar mereka.

American Society for Non-Destructive Testing (ASNT)

American Society for Nondestructive Testing adalah asosiasi profesional nirlaba berbasis keanggotaan yang menyediakan referensi terkait NDT, konferensi teknis, dan dokumen sertifikasi berikut. ASNT tidak menerbitkan standar yang menjelaskan bagaimana melakukan operasi NDT. Ini diterbitkan oleh ASTM International dan dibahas di bagian yang sesuai dari halaman web ini.

ASTM Internasional (www.astm.org)
ASTM International (sebelumnya American Society for Testing and Materials) adalah salah satu organisasi pengembangan standar sukarela terbesar di dunia, yang menyediakan standar teknis untuk material, produk, sistem, dan layanan. Lebih dari 180 standar ASTM NDT diterbitkan di ASTM Annual Book of Standards, Volume 03.03, Nondestructive Testing. ASTM mendefinisikan tiga kategori dokumen sebagai berikut:

Sebuah “guide” adalah satu set informasi atau satu set pilihan yang tidak merekomendasikan tindakan tertentu. Pemandu meningkatkan kesadaran akan informasi dan pendekatan terhadap bidang subjek tertentu.

Sebuah “practice” adalah rangkaian instruksi terakhir untuk melakukan satu atau lebih tugas atau fungsi tertentu yang tidak menghasilkan hasil tes. Contoh praktik termasuk, namun tidak terbatas pada, aplikasi, evaluasi, pembersihan, pengumpulan, dekontaminasi, inspeksi, pemasangan, persiapan, pengambilan sampel, penyaringan, dan pelatihan.

Sebuah “test method” adalah prosedur akhir untuk menghasilkan hasil tes. Contoh metode pengujian termasuk, tetapi tidak terbatas pada, identifikasi, pengukuran, dan evaluasi satu atau lebih kualitas, karakteristik, atau sifat.

Beberapa standar ASTM NDT yang lebih umum digunakan adalah: Standar tambahan dapat ditemukan di Buku Standar Tahunan ASTM, Volume 03.03.

ASTM E709: Panduan Standar untuk Pengujian Partikel Magnetik
ASTM E1444: Praktik Standar untuk Pengujian Partikel Magnetik
ASTM E165: Praktik Standar untuk Pengujian Penetrasi Cairan untuk Industri Umum
ASTM E1417: Praktik Standar untuk Pengujian Penetrasi Cairan
ASTM E1208: Praktik Standar untuk Pengujian Penetrasi Cairan Menggunakan Proses Setelah-Emulsifikasi Lipofilik
ASTM E1209: Praktik Standar untuk Pengujian Penetrasi Cairan Menggunakan Proses Flush
ASTM E1210: Praktik Standar untuk Pengujian Penetrasi Cairan Menggunakan Proses Setelah-Emulsifikasi Hidrofilik
ASTM E1219: Praktik Standar untuk Pengujian Penetrasi Cairan Menggunakan Proses Penghapusan Pelarut
ASTM E114: Latihan untuk Pemeriksaan Sinar Ultrasonic Pulse-Echo Straight Beam dengan Metode Kontak
ASTM E164: Praktik Standar untuk Pengujian Pengelasan Ultrasonik Kontak
ASTM E213: Praktik Standar untuk Pengujian Ultrasonik Pipa dan Tabung Logam
ASTM E2375: Praktik Standar untuk Pengujian Ultrasonik Produk Tempa
ASTM E94: Panduan Inspeksi Radiografi
ASTM E1742: Praktik untuk Pengujian Radiologis
ASTM E1000: Panduan Pemeriksaan Radiografi
ASTM E1255: Praktik Pemeriksaan Radiologis
ASTM E1030: Metode Uji untuk Inspeksi Radiografi Pengecoran Logam
ASTM E1032: Metode Uji untuk Pemeriksaan Radiografis Pengelasan
ASTM E999: Panduan untuk Kontrol Kualitas Pemrosesan Film Radiasi Industri
ASTM E142: Metode Kontrol Kualitas untuk Pemeriksaan Radiologis
ASTM E2007: Panduan Standar untuk Radiografi Komputer
ASTM E2738: Praktik Standar Digital Imaging and Telecommunications Non-Destructive Assessment (DICONDE) untuk Metode Pengujian Computed Radiography (CR)
ASTM E268: Pengujian Elektromagnetik
ASTM E426: Praktik untuk Pengujian Elektromagnetik (Arus Eddy) Produk Tubular Seamless dan Welded, Baja Tahan Karat Austenitik dan Paduan Serupa
ASTM E1962: Kasus Standar untuk Pengujian Permukaan Ultrasonik Menggunakan Teknik Electromagnetic Acoustic Transducer (EMAT)

Baca Juga  Apa Itu Ultrasonic Testing? Mengenal Pengujian dengan Kekuatan Gelombang Suara

Daftar isi dan informasi pemesanan untuk ASTM Volume 03.03 (2012) dapat ditemukan online di sini.

American Society of Mechanical Engineers (ASME) www.asme.org

American Society of Mechanical Engineers adalah organisasi profesional nirlaba yang memfasilitasi peran penting insinyur dalam masyarakat sekaligus memungkinkan kolaborasi, berbagi pengetahuan, dan pengembangan keterampilan di semua disiplin ilmu teknik. Kode dan standar ASME, publikasi, konferensi, pendidikan berkelanjutan dan program pengembangan profesional memberikan dasar untuk memajukan pengetahuan teknis dan menciptakan dunia yang lebih aman. ASME menerbitkan beberapa kode dan standar, termasuk namun tidak terbatas pada dokumen-dokumen berikut:

“ASME Boiler and Pressure Vessel Code” (BPVC). BPVC edisi 2010 dengan Adendum 2011 tersedia pada Juli 2011. Kode ini disusun menjadi 12 bagian, atau “buku”, yang mencakup topik-topik berikut:

I Power Boilers

II Materials

III Rules for Construction of Nuclear Facility Components

IV Heating Boilers

V Non Destructive Examination

VI Recomended Rules for the Care and Operation of Heating Boilers

VII Recomended Guidelines for the Care of Power Boilers

VIII Pressure Vessels

IX Welding and Brazing Qualification

BPVC sekarang diterbitkan dua tahunan pada tahun ganjil tanpa lampiran pada tahun interim.

ASME B31.1, Power Piping.  Kode tersebut berisi persyaratan untuk sistem perpipaan yang biasa digunakan di pembangkit listrik, pabrik industri, sistem pemanas panas bumi, dan sistem pemanas dan pendingin.

ASME B31.3, Proses Piping. Kode ini berisi persyaratan untuk perpipaan yang biasa ditemukan di kilang minyak. kimia, farmasi, tekstil, kertas, semikonduktor dan tanaman kriogenik; dan terminal pabrik pengolahan terkait.

Standar ASME dapat dibeli melalui halaman katalog ASME di sini.

American Petroleum Institute (API) www.api.org

American Petroleum Institute adalah asosiasi perdagangan nasional yang mewakili semua aspek industri minyak dan gas alam AS, termasuk produsen, penyuling, pemasok, operator pipa, operator laut, dan perusahaan layanan dan pemasok. Standar yang diterbitkan API adalah:

API 510: Kode Inspeksi Bejana Tekan: Inspeksi, Evaluasi, Perbaikan, dan Perubahan Dalam Layanan
API 570: Kode Inspeksi Perpipaan: Inspeksi, pemeringkatan, perbaikan, dan perubahan sistem perpipaan dalam layanan
API 650: Tangki yang dilas untuk penyimpanan minyak
API 653: Inspeksi, Perbaikan, Perubahan, dan Rekonstruksi Tangki
API 1104: Pengelasan Pipa dan Fasilitas Terkait
Standar API dapat dibeli secara online di sini.

 

American Welding Society (AWS) www.aws.org

American Welding Society adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan aplikasi pengelasan dan bidang penyambungan terkait. AWS menawarkan program sertifikasi untuk tukang las, supervisor, pendidik, dan banyak lagi, dan menerbitkan beberapa standar, banyak di antaranya mencakup prosedur untuk menerapkan metode dan teknik inspeksi non-destruktif di luar inspeksi visual. Beberapa standar tercantum di sini.

AWS D1.1: Structur Welding Code – Steel Kabel Las Struktural – Baja
AWS D1.2: Structur Welding Code – Aluminium Kode Pengelasan Struktural – Aluminium
AWS D1.3: Structur Welding Code – Sheet Steel Kode Pengelasan Struktural – Lembaran Baja
AWS D1.5: Bridge Welding Code  Kode Pengelasan Jembatan
AWS D1.6: Structural Welding Code – Stailes Steel Pengelasan Struktural – Baja Tahan Karat

Aerospace Industries Association  (AIA) www.aia-aerospace.org

Aerospace Industries Association adalah asosiasi perdagangan dengan lebih dari 100 anggota industri kedirgantaraan dan pertahanan utama. Perusahaan-perusahaan ini menerapkan semua segmen manufaktur canggih dari industri kedirgantaraan dan pertahanan AS, dari penerbangan komersial dan avionik, sistem pertahanan berawak dan tak berawak, hingga teknologi ruang angkasa dan komunikasi satelit.

Baca Juga  Eddy Current Test, Metode Populer Untuk Deteksi Cacat Permukaan Benda

AIA menerbitkan beberapa standar terkait penerbangan dan kedirgantaraan, dua di antaranya tercantum di bawah ini.

NAS 410, NAS Bersertifikat dan Kualifikasi Personil Pengujian Non-Destruktif. Standar sertifikasi berbasis pemberi kerja ini menetapkan persyaratan minimum untuk kualifikasi dan sertifikasi karyawan yang melakukan pengujian non-destruktif (NDT), non-destruktif inspection (NDI), atau penilaian non-destruktif (NDE) dalam manufaktur, layanan, pemeliharaan kedirgantaraan. , dan industri perombakan. Pada tahun 2002, NAS 410 diselaraskan dengan Norma Eropa 4179 (tercantum di bagian CEN), sehingga persyaratan kedua dokumen tersebut sama.

NAS 999, pengujian non-destruktif dari struktur komposit canggih. Spesifikasi ini menetapkan persyaratan untuk pengujian non-destruktif (NDI), standar NDI, metode NDI, dan kriteria penerimaan NDI.

Standar AIA tersedia melalui Dokumen Teknik Global.

National Board of Boiler and Pressure Vessel Inspector (NBBI) www.nationalboard.org

Dewan Pengawas Boiler dan Bejana Tekan Nasional adalah organisasi nirlaba yang mempromosikan keselamatan jiwa dan harta benda melalui kesatuan konstruksi, pemasangan, perbaikan, pemeliharaan, dan inspeksi peralatan bertekanan. Anggota Dewan Nasional mengawasi kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan dan regulasi yang berkaitan dengan boiler dan bejana tekan. NBBI memberikan pelatihan dan menerbitkan komisioning dan komisi baru untuk Certified Inspector (AI), Certified Nuclear Inspectors (ANI), dan Certified Nuclear Power Inspectors (ANII).

NBBI menerbitkan “Kode Inspeksi Boiler Nasional” (NBIC), yang memberikan standar untuk pemasangan, inspeksi dan perbaikan dan/atau modifikasi boiler, bejana tekan, dan perangkat pelepas tekanan, yang dapat dibeli secara online melalui situs web NBBI.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) www.iso.org

Organisasi Internasional untuk Standardisasi, pengembang dan penerbit standar internasional terbesar di dunia, adalah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Jenewa, Swiss. ISO adalah jaringan badan standar nasional di 161 negara, dengan satu anggota per negara. Banyak badan anggota ISO adalah bagian dari atau diamanatkan oleh struktur pemerintah negara masing-masing. Anggota lain memiliki akar unik di sektor swasta yang didirikan oleh kemitraan nasional dari asosiasi industri. Tiga dari banyak standar ISO tercantum di bawah ini.

ISO 9712, Pengujian Non-Destruktif – Kualifikasi dan Sertifikasi Personil. Standar internasional ini, sebagaimana diubah pada tahun 2012, sesuai dengan ISO/IEC 17024, Penilaian Kesesuaian – Persyaratan untuk sertifikasi NDT staf NDT oleh badan sertifikasi pihak ketiga yang terakreditasi yang memenuhi persyaratan umum untuk badan yang mengoperasikan sertifikasi orang. .

ISO/IEC 17011, Penilaian kesesuaian – Persyaratan umum untuk badan akreditasi yang mengakreditasi badan penilaian kesesuaian. Standar internasional ini menetapkan persyaratan umum untuk lembaga sertifikasi. ANSI, badan akreditasi Amerika yang mengesahkan ASNT, diakreditasi menurut ISO 17011 dan sesuai dengan sistem manajemen, produk, layanan, orang, dan program penilaian kesesuaian serupa lainnya.

European Comitte for Stadarization (CEN) www.cen.eu

Komite Eropa untuk Standardisasi adalah fasilitator bisnis Eropa yang menghilangkan hambatan perdagangan bagi industri dan konsumen Eropa. Misinya adalah untuk mendorong ekonomi Eropa dalam perdagangan global, kesejahteraan warga Eropa dan lingkungan. CEN adalah penyedia terkemuka standar Eropa dan spesifikasi teknis. Ini adalah satu-satunya organisasi Eropa yang disetujui sesuai dengan Directive 98/34/EC untuk perencanaan, penyusunan dan penerapan standar Eropa di semua bidang kegiatan ekonomi, dengan pengecualian teknologi listrik dan telekomunikasi. 31 anggota nasional CEN berkolaborasi untuk mengembangkan standar Eropa sukarela (EN).

Standar (norma) yang dikembangkan oleh CEN dianggap sebagai “standar yang diselaraskan” yang harus diterima oleh semua negara anggota Uni Eropa. Dua EN berikutnya adalah standar bersertifikat NDT.

EN 4179, Seri Aerospace – Kualifikasi dan persetujuan personel untuk pengujian non-destruktif. Standar sertifikasi berbasis pemberi kerja ini adalah versi Eropa dari NAS 410 yang dijelaskan di bagian Asosiasi Industri Dirgantara di halaman web ini.

Baca Juga  Radiography Test NDT

EN 473, Pengujian Tidak Merusak – Kualifikasi dan Sertifikasi Staf NDT – Prinsip Umum. Standar Eropa ini menetapkan prinsip-prinsip kualifikasi pihak ketiga (“pusat”) dan sertifikasi karyawan yang melakukan pengujian non-destruktif industri (NDT) oleh badan sertifikasi pihak ketiga yang terakreditasi. Menurut EN 473, lembaga sertifikasi harus mengelola prosedur sertifikasinya sesuai dengan persyaratan EN 473 dan memenuhi persyaratan EN ISO/IEC 17024.

Disetujui pada Juni 2012, EN ISO 9712 menggantikan EN 473 sebagai Standar Harmonisasi Eropa (Norm) untuk sertifikasi pusat NDT mulai 1 Januari 2012. EN ISO 9712 mengizinkan penggunaan sertifikasi EN 473 saat ini hingga periode perpanjangan berikutnya dari pemegang sertifikat. , harus disertifikasi ulang sesuai dengan persyaratan EN ISO 9712. EN ISO 9712 dan ISO 9712 adalah identik kecuali bahwa EN ISO 9712 telah disetujui sebagai standar terpadu untuk digunakan sesuai dengan European Pressure Equipment Directive 97/23/EC.

European Pressure Equipment Directive (PED)

http://ec.europa.eu/enterprise/sectors/pressure-and-gas/documents/ped/

Petunjuk Peralatan Tekanan (97/23/EC) diadopsi oleh Parlemen Eropa dan Dewan Eropa pada Mei 1997 dan menjadi wajib di seluruh Uni Eropa pada 29 November 1999. Tujuan dari Directive (hukum Eropa) adalah untuk: Menyelaraskan hukum nasional negara-negara anggota UE sehubungan dengan desain, manufaktur, pengujian, dan penilaian kesesuaian peralatan tekanan dan rakitan peralatan tekanan. Berlaku untuk desain, manufaktur, dan penilaian kesesuaian peralatan tekanan dan rakitan dengan tekanan maksimum yang diizinkan lebih besar dari 0,5 bar (~7,25 psi).

Teks lengkap PED, yang terdiri dari 21 pasal dan 7 lampiran, dapat ditemukan di sini. Untuk informasi tentang pengujian non-destruktif, Anda dapat mencari PDF menggunakan “non-destruktif” sebagai kata kunci.

Ada juga satu set sepuluh pedoman untuk pertanyaan spesifik tentang interpretasi teks PED. Klik di sini untuk melihat indeks pedoman ini.

Untuk penjelasan rinci tentang PED dan bagaimana PED berhubungan dengan perusahaan NDT AS, lihat halaman web Petunjuk Peralatan Tekanan Eropa.

Badan Standar di Negara Lain

Jumlah negara dengan beberapa badan standar terkait NDT terlalu banyak untuk dibahas di sini. Daftar badan nasional lainnya dapat ditemukan di http://www.ses-standards.org/displaycommon.cfm?an=1&subarticlenbr=54.

Regulator Agency

Ketika ada masalah ekstrem terkait keselamatan publik, pemerintah AS dapat membuat peraturan di luar peraturan dan standar industri. Dua contohnya adalah pengendalian dan penggunaan bahan radioaktif dan pengangkutan cairan dan gas berbahaya. Instansi pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengawasi dua topik ini adalah Komisi Pengaturan Nuklir AS (USNRC) dan Departemen Transportasi AS (USDOT).

Peraturan untuk kedua organisasi ini dapat ditemukan di Code of Federal Regulations (CFR). Ada 50 “judul” di CFR, peraturan USNRC ada di Judul 10, Energi dan peraturan USDOT ada di Judul 49, Transportasi.

Bagian USNRC dari Judul 10 adalah Bagian 1-50. Teknisi radiografi setidaknya harus mengetahui hal-hal berikut:

Judul 10, Bagian 34 (10CFR34): Lisensi untuk Radiografi Industri dan Persyaratan Keselamatan Radiasi untuk Operasi Radiografi Industri;
10CFR20: Standar Proteksi Radiasi; dan
10CFR21: Melaporkan cacat dan ketidakpatuhan.

Peraturan NRC ini hanya berlaku untuk bahan radioaktif. NRC tidak berurusan dengan radiasi seperti radiasi-X yang dihasilkan oleh sarana elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik tunduk pada Peraturan yang Diusulkan Nasional tentang Kontrol Radiasi (SSRCR), yang dijelaskan di bawah ini.

Bagian USDOT dari Judul 49 ada di bagian 186-199, dan bagian cairan dan gas berbahaya meliputi:

49CFR192: Transportasi Gas Alam dan Gas Lainnya melalui Pipa: Standar Keselamatan Federal Minimum; dan
49CFR195: Pengangkutan Cairan Berbahaya melalui Pipa.

Kedua bagian ini memerlukan kualifikasi operator untuk “tugas” dan NDT dianggap sebagai tugas itu.

Rapat Dewan Program Pengendalian Radiasi www.crcpd.org

CRCPD telah mengembangkan Usulan Peraturan Nasional untuk Pengendalian Radiasi (SSRCR) dan judul Bagian E adalah Persyaratan Keselamatan Radiasi untuk Pekerjaan Radiografi Industri. Bagian E sebagian besar model 10CFR34, tetapi berisi ketentuan untuk penggunaan radiasi elektromagnetik atau sinar-X. SSRCR Bagian E dapat ditemukan online di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *