INSPECTOR

Berikut Penjelasan Mengenai Istilah yang Mengandung Kata Inspector yang Belum Anda Tahu!

Pekerjaan sebagai seorang inspector semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi serta jenis pekerjaan. Tak hanya mengenai pekerjaan, kata ini juga semakin banyak digunakan untuk menggambarkan istilah-istilah baru diberbagai bidang yang mungkin anda sendiri belum pernah mendengarnya. Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan istilah ini. Sebelumnya, apakah anda mengetahui pengertian inspector itu sendiri? Kata ini memiliki arti seorang pengawas dan pemeriksa atau bisa juga diartikan sebagai sebuah kegiatan dalam melakukan scanning atau pemeriksaan. Nah, kemudian apa saja pekerjaan atau istilah baru yang berkaitan dengan kata ini? Berikut beberapa diantaranya!

Welding Inspector

WI Check
Quality checking by sertificated inspector

Welding inspector merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki tugas untuk melakukan pengecekan kualitas atau QC (Quality Control) di bidang pengelasan sesuai dengan standar kualitas yang sudah ditentukan. Pekerjaan sebagai seorang WI juga harus menerapkan Welding Prosedur ke dalam pembuatan produk agar kualitas las yang dihasilkan bisa mencapai kualitas terbaik. Beberapa produk yang dicek oleh WI adalah konstruksi, pembuatan kapal, instalasi pipa gas atau cairan lain, boiler, dll. Selain menguasai ilmu mengenai welding prosedur, jika anda ingin terjun di pekerjaan ini maka harus memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik karena dalam dunia pekerjaan akan banyak berinteraksi dengan orang asing.

Kemudian apa saja syarat menjadi seorang WI? Berikut beberapa syaratnya:
a. Harus melakukan pelatihan menjadi seorang WI
b. Minimal lulusan D3 atau bekerja di bidang ini selama kurang lebih 3 tahun.
c. Memiliki pengetahuan mengenai material, welding process, heat treatment, inspection, drawing, reporting, dan komunikasi.

Biaya kursus untuk menjadi seorang WI berada di kisaran harga Rp.10.000.000,- sampai Rp. 17.000.000,-. Meskipun tergolong mahal, namun gaji yang akan didapatkan juga tinggi yaitu sekitar Rp. 6.000.000,- sampai Rp. 20.000.000,- per bulan. Sehingga akan sangat menjanjikan jika anda melamar pekerjaan di lowongan welding inspector.

Baca Juga  Rekrutmen BUMN Lulusan SLTA, D3 dan S1, PT KAI Indonesia September 2021

 QC Inspector

Pekerjaan inspector yang satu ini berkaitan dengan proses pengecekan serta pengujian untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan nilai standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Pekerjaan ini banyak muncul karena perkembangan teknologi yang sudah memasuki era digital 5.0 sehingga pengembangan produk perangkat lunak sudah mengalami banyak sekali perkembangan dan kemajuan. Kemudian apa saja tugas dan kewajiban pekerjaan ini?

a. Menentukan standar produk yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
b. Melakukan kegiatan monitoring dan verifikasi mengenai kualitas produk yang dihasilkan sehingga setiap elemen produk bisa berfungsi dengan baik.
c. Melakukan perbaikan layanan atau hasil produksi dari suatu perusahaan.
Kemudian dengan kewajiban serta tugas di atas, apa saja sih fungsi QC bagi perusahaan? Berikut uraiannya:
a. Melakukan kegiatan pemantauan akan suatu proses produksi dari awal sampai menjadi produk jadi.
b. Menciptakan atau meluluskan hasil produk jadi.
c. Melakukan pengambilan sample hasil produksi secara berkala.
d. Memberitahukan apabila ada kendala yang terjadi selama proses produksi kepada Supervisor Quality Control.

Syarat mendaftar pekerjaan ini adalah merupakan lulusan S1 atau D3 dari jurusan yang sesuai. Gaji yang diterima di pekerjaan ini untuk junior berkisar antara Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 4.000.000,-. Sedangkan, untuk level yang sudah senior, gajinya bisa mencapai Rp. 10.000.000,- sampai Rp. 15.000.000,-. Cukup menjanjikan bukan?

HTML website inspector

Nah kalau yang satu ini bukan berkaitan dengan pekerjaan, melainkan berkaitan dengan kecanggihan teknologi masa kini. HTML website inspector merupakan fitur yang ada pada mesin pencarian seperti browser yang memudahkan pengembang website untuk mengubah serta mengedit isi website. Berikut ini kegunaan dan fungsi inspect elemen di website:

Baca Juga  10 Jurusan Engineering yang Paling Dicari dan Menjanjikan Karier yang Cerah

a. Untuk mengetes kecepatan website.
Disini uji kecepatan website bisa dilakukan dengan inspector .
b. Untuk eksperimen CSS dan HTML.

Disini merupakan kegunaan utamanya, jika anda ingin mencoba mengubah code yang ada namun takut salah, maka anda bisa menggunakan inspect elemen ini.
Kemudian bagaimana cara menggunakannya? Inspect elemen ini dapat anda gunakan dengan cara klik kanan pada website pilihan kemudian pilihlah inspect elemen, atau anda juga bisa menggunakan tombol F12 pada keyboard di laptop anda.

Visual inspection

Istilah yang keempat ini berkaitan dengan kegiatan pengecekan dalam dunia industri. Visual inspection merupakan suatu metode pengecekan yang paling dasar digunakan dalam melihat hasil produksi dalam sebuah industri. Alat-alat yang digunakan untuk menunjang kegiatan ini adalah kacamata pembesar, fiberscopes, cermin dan borescopes. Kegiatan ini merupakan pengecekan yang dilakukan pertama kali mengenai sebuah hasil produksi dimana akan diuji produk tersebut mengalami kecacatan atau tidak. Baru setelahnya akan dilakukan kegiatan inspector lainnya guna mengece lebih lanjut mengenai kualitas barang produksi. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin dimana dilakukan oleh orang yang sudah berkompeten di bidang ini.

Chief Inspector

CI merupakan suatu posisi pekerjaan dalam kegiatan pengawasan bangunan yang biasanya akan dilakukan oleh kantor konsultan pengawas. Kemudian apa saja tugas dan tanggung jawab pekerjaan ini? Berikut uraiannya:

a.Melakukan pengawasan harian sehingga pelaksanaan pekerjaan oleh kontraktor bisa sesuai dengan design yang sudah dibuat dan ditentukan.
b.Melakukan pengendalian akan kegiatan yang berkaitan dengan desain bangunan, pengukuran volume, serta pembagian pekerjaan.
c.Melakukan pelaporan kepada direksi atau atasan apabila ternyata dalam pengerjaan bangunan tidak sesuai dengan yang tercantum di dalam
kontrak.
d.Sudah memahami dan menguasai semua pasal-pasal dalam kontrak sehingga bisa dengan jelas mengetahui bagaimana sistem yang digunakan
dalam melakukan pekerjaan dan sistem pembayaran pekerja sesuai dengan kontrak.
e.Melakukan pemeriksaan dokumen pembayaran bulanan yang diajukan oleh pihak kontraktor.

Baca Juga  Berbagai Perusahaan IT Ternama Dunia Dengan Gaji Selangit

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin bekerja disini yaitu minimal pendidikan S1/D3 Teknik Sipil atau SMK jurusan bangunan, memiliki SKTK pengawas lapangan pekerjaan. Nah, untuk pekerjaan ini, penghasilan yang akan diperoleh rata-rata sebesar Rp. 5.000.000,- per bulan.

Wifi Inspector

Untuk istilah yang keenam ini, berkaitan mengenai sebuah aplikasi yang disebut wifi inspector merupakan sebuah aplikasi yang mengelola operasional Wifi pada sebuah laptop terutama pada windows. Salah satu nama aplikasi yang bisa anda gunakan adalah Xirrus Wifi Inspector. Aplikasi ini memiliki cara kerja dengan menscan wifi yang ada di sekitar anda, kemudian secara otomatis aplikasi akan menampilkan detail mengenai informasi dari sinyal wifi.

Banyak sekali bukan istilah baru yang saat ini muncul dengan menggunakan kata inspector? Teknologi yang semakin maju dimana sudah memasuki era industry 5.0 menjadikan pekerjaan atau istilah ini banyak digunakan dan diucapkan dalam kegiatan sehari-hari.Semoga beberapa istilah dan pekerjaan yang disebutkan diatas dan penjelasannya bisa menjadi referensi baru bagi anda sehingga anda sudah tidak asing dan kebingungan lagi apabila mendengar istilah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *