Check Listrik oleh Engineer
Inspeksi Quality Control Panel Jarigan Listrik. Gambar dari company profil PLN

10 Jurusan Engineering yang Paling Dicari dan Menjanjikan Karier yang Cerah

Kuliah merupakan sebuah  sebuah jenjang yang banyak dipilih untuk  mengambil jenjang pendidikan untuk menentukan masa depan. Kuliah ini juga dijadikan sebagai tempat untuk memperdalam ilmu, membuka wawasan yang lebih luas, memperoleh relasi dan juga membuka jalan untuk bisa menuju masa depan yang lebih baik. Ada berbagai macam jenis jurusan di perkuliahan yang bisa Anda pilih sesuai dengan bakat dan minat yang Anda miliki. Salah satunya adalah jurusan Engineering. Ada sekitar 10 Jurusan Engineering yang paling dicari oleh semua orang dan prospek kerjanya juga sangat sangat bagus.

Daftar Jurusan Engineering yang Paling Terbaik

Engineering merupakan sebuah jurusan yang tidak pernah sepi peminatnya sejak zaman dahulu.  Seperti namanya, jurusan  Engineering merupakan sebuah jurusan yang akan mempelajari segala macam yang berhubungan dengan  pengaplikasian mesin pada berbagai macam berbagai bidang. Tidak hanya itu saja, jurusan ini juga akan mempelajari mengenai konstruksi dan lainnya. Berikut ini ada beberapa jurusan Engineering yang banyak diminati dan memiliki prospek kerja yang bagus, yaitu :

1. Arsitektur

Arsitektur merupakan sebuah jurusan yang ada pada bidang teknik yang bisa dibilang sangat unik. Hal ini karena tidak hanya mempelajari berbagai teknis pada pembangunan saja tapi juga mempelajari mengenai sisi estetika pada sebuah bangunan. Di sini Anda akan mempelajari mengenai desain dan juga rancangan konstruksi pada bangunan. Arsitektur  bertugas untuk memberikan semua ide terkait konsep bangunan yang akan dibuat. Sementara itu, semua realisasi dari pengerjaan pembangunan akan ditangani oleh seorang teknik sipil.

Karier arsitektur sangat bagus dan banyak dibutuhkan. Hampir semua perusahaan khususnya perusahaan properti dan juga konstruksi membutuhkannya. Ada juga berbagai macam perusahaan besar yang memerlukan jasanya. Gaji yang dihasilkan pun lumayan cukup besar.

Baca Juga  10 Industri Dengan Gaji Tertinggi di Dunia

2. Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan sebuah studi yang akan mempelajari mengenai bagaimana cara mendesain dan juga mengaplikasikan semua komponen serta sistem yang memanfaatkan listrik, elektronika dan electromagnetism. Jebolan jurusan ini biasanya akan bekerja di perusahan BUMN PLN. Gaji bekerja di PLN sangat besar. Konon gajinya terbesar kedua setelah  Pertamina.

3. Teknik Sipil

Jurusan engineering yang banyak diminati adalah teknik sipil. Jurusan teknik sipil ini sangat lekat sekali dengan infrastruktur. Jurusan ini  mempelajari bagaimana cara merancang, membangun, serta melakukan renovasi pada  sebuah gedung, jalan, bendungan serta infrastruktur lainnya. Jurusan ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan pembangunan sebuah negara khususnya di bidang infrastruktur dan juga ekonomi.

Sebagian besar lulusan dari Teknik Sipil dapat bekerja di perusahaan properti dan konstruksi konstruksi dan juga pengembangan. Selain itu bisa juga bekerja pada instansi pemerintahan seperti BPN, PUPR dan BUMN di bidang konstruksi.

4. Teknik Mesin

10 Jurusan Engineering yang paling dicari saat ini salah satunya adalah teknik mesin. Hampir semua hal menggunakan mesin untuk efisiensi dan juga untuk lebih memaksimalkan produksi. Jika Anda suka segala hal yang berhubungan dengan permesinan maka Anda dapat memilih jurusan teknik mesin ini. Jurusan tersebut mengajarkan tentang berbagai macam prinsip Fisika. Prinsip ini diimplementasikan  pada bidang manufaktur.Anda juga bisa lebih memperdalam berbagai cabang ilmu teknik mesin misalnya mekanika, kinematika, dan termodinamika.

5. Teknik Industri

Teknik industri merupakan jurusan teknik yang tidak hanya mempelajari mengenai seluk beluk mesin manufaktur saja, tetapi Anda juga akan mempelajari berbagai macam sistem manajemen pada sebuah industri. Maka dari itu, tidak heran jika jurusan teknik industri ini bidangnya sangat luas sekali yaitu dari bidang industri kecil, menengah hingga besar. Anda juga bisa bekerja pada divisi yang khususkan teknik industri, divisi produksi dan divisi engineering, HRD dan lainnya.

Baca Juga  Di Undur Pengumuman Hasil Sanggah CPNS 2021,Cek Info Lengkanya

6. Teknik Perminyakan

Teknik perminyakan adalah sebuah jurusan yang mempelajari mengenai penambangan fluida atau minyak bumi dan gas alam. Di sini Anda akan mempelajari mengenai eksplorasi, eksploitasi dan bagaimana cara mengolah minyak. Anda juga harus dituntut untuk selalu inovatif dalam menentukan sebuah teknik yang lebih efisien dalam menghasilkan energi dengan penggunaan tingkat emisi yang rendah.

Prospek kerja dari jurusan ini adalah bekerja di  seluruh tambang minyak di seluruh Indonesia, bahkan dapat berkarir di berbagai sektor migas nasional sampai dengan internasional yang ada di seluruh dunia. Hebat, bukan? Pendapatannya pun tidak main-main. Gaji yang diberikan sangat besar untuk profesi pekerja di tambang minyak.

7. Teknik lingkungan

Teknik lingkungan adalah jurusan teknik yang memperdalam ilmu tentang ilmu lingkungan yang sehat  dan bebas dari penyakit. Ruang lingkup belajarnya pun sangat luas yaitu pengelolaan kesehatan lingkungan, pengendalian pencemaran, sistem drainase dan lainnya.  Lulusan dari jurusan ini biasanya bekerja di berbagai industri yang bergerak dalam bidang petrokimia, perminyakan dan juga pertambangan.

8. Teknik perkapalan

Sebagai negara maritim, kapal menjadi salah satu alat transportasi yang sangat penting. Kapal digunakan sebagai penunjang semua kegiatan perekonomian hingga pertahanan di Indonesia. Sehingga perkapalan masih sangat dibutuhkan.  Maka dari itu, ada jurusan teknik perkapalan.

Teknik perkapalan merupakan sebuah jurusan yang mempelajari mengenai kapal misalnya perancangan dan juga pembangunan kapal, pengoperasian kapal dan juga bisnis dalam pengoperasian armada kapal. Anda dapat  bekerja pada bidang pembangunan kapal baru, pembangunan berbagai sarana industri lepas pantai, dan juga pemeliharaan serta juga reparasi kapal

Baca Juga  Cara Mendapat Gaji Besar Kerja Santai Dari Rumah Saja

9. Teknik kimia

Teknik kimia adalah sebuah jurusan yang mempelajari mengenai bagaimana cara mengubah bahan bakar baku mentah serta kimia menjadi sebuah produk yang bernilai komersial dengan cara memanfaatkan berbagai macam proses kimia. Prospek kerjanya sangat luas dimana Anda bisa bekerja di perusahaan kimia, perminyakan,  dan farmasi.

10 Teknik nuklir

Teknik nuklir merupakan sebuah jurusan yang banyak diminati semua orang. Ketika Anda memasuki jurusan ini Anda akan diajak untuk mempelajari mengenai ilmu inti atom dengan menggunakan berbagai macam prinsip fisika nuklir. Selain itu, Anda juga akan mempelajari mengenai bagaimana interaksi antara radiasi dan material sebagai dasar dari ilmu ini. Nuklir tidak hanya dipakai untuk pembuatan bom saja, tapi juga dimanfaatkan untuk berbagai bidang medis, pembangkit listrik dan juga pembangkit energi. Gajinya juga sangat menjanjikan loh mencapai puluhan juta.

Prospek kerja dari jurusan teknik nuklir ini sangat luas dan menjanjikan. Anda bisa bekerja pada berbagai perusahaan besar misalnya perusahaan pertambangan, perminyakan, PLN. PLTN, Pertamina,  badan tenaga nuklir nasional dan sebagainya.

Wah ternyata ada banyak juga ya jurusan engineering yang banyak diminati dan memiliki prospek kerja yang sangat luas. Selain 10 Jurusan Engineering yang paling dicari masih ada beberapa jenis jurusan teknik lainnya yang tidak kalah bagusnya. Jadi, dengan alasan tersebut Anda bisa menjadikan jurusan teknik sebagai jurusan yang recomended untuk Anda pilih pada saat memasuki dunia universitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *