Astra International

Ini Dia, 11 Perusahaan Manufaktur di Indonesia Terbesar dan Terpopular

Perusahaan manufaktur menjadi salah satu jenis usaha yang berkembang pesat di Indonesia saat ini, jenis usaha ini juga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, Lantas apa itu perusahaan manufaktur dan seperti apa pula contoh perusahaan manufaktur di Indonesia, yuk simak ulasan berikut ini.

Apa itu Perusahaan Manufaktur ?

Jika diartikan secara umum perusahaan manufaktur merupakan sebuah jenis badan usaha yang menghasilkan suatu produk dengan menggunakan berbagai bahan baku, alat dan tenaga kerja khusus yang dijalankan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Sedangkan berdasarkan pengertiannya secara khusus perusahaan manufaktur adalah sebuah kegiatan pengolahan bahan mentah secara fisika dan kimiawi guna diubah bentuk fisiknya supaya bisa dijadikan suatu produk tertentu, atau dapat diartikan pula bahwa perusahaan manufaktur adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang perakitan bahan tertentu untuk dijadikan suatu produk yang dipasarkan kepada masyarakat.

Inilah 11 Perusahaan Manufaktur Terbesar di Indonesia

Seperti yang Anda tahu di Indonesia terdapat banyak sekali perusahaan manufaktur mulai dari jenis hingga, berikut merupakan beberapa nama perusahaan manufaktur di Indonesia yang wajib Anda tahu, antara lain:

  1. Astra International Tbk (ASII)

Perusahaan Manufaktur Astra Internasional Tbk merupakan salah satu perusahaan bidang manufacturing yang terbesar di Indonesia, Astra Internasional Tbk didirikan pada tahun 1957 oleh Astra Internasional INC. Perusahaan Astra Internasional Tbk memiliki 7 disertifikasi unit bisnis  yang mana bergerak pada bidang bisnis otomotif, jasa keuangan, pertambangan, property, agribisnis, Logistik dan Teknologi Informasi.

  1. Semen Indonesia (SMGR)

List perusahaan manufaktur di Indonesia yang berikutnya adalah PT. Semen Indonesia, perseroan yang lebih dikenal dengan nama Semen Gresik ini telah berdiri sejak tahun 1953 dan telah memiliki empat pabrik yang berada di Tuban, Gresik, Padang dan juga Tonasa. Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan manufakturing yang bergerak pada subsektor industri semen, adapun aktivitas dalam proses produksi perusahaan ini meliputi kegiatan penambangan, penggalian dan pengolahan bahan baku mentah menjadi berbagai jenis semen dan juga hasil industri lainnya. Produk dari PT. Semen Indonesia ini ternyata bukan hanya dipasarkan di wilayah Indonesia nam8n juga hingga ke pasar internasional.

  1. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA)
Baca Juga  Bansos PPKM

Japfa Comfeed Indonesia merupakan salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia yang sangat terkenal sekaligus terbesar, perusahaan ini mulai beroperasi sejak tahun 1975 dan bergerak dibidang sub sektor pakan ternak. Dalam hal ini cakupan bisnis Japfa Comfeed meliputi peternakan ayam, comfeed and benefeed (pembuatan pakan ternak), vaqsimune (vaksin hewan ternak) serta pengolahan unggas.

  1. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP)

Perusahaan manufaktur di Indonesia selanjutnya adalah PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, perusahaan ini bergerak di sektor barang konsumsi, beberapa produknya yang terkenal antara lain Indomie, Supermi, Chitato, Promina, Bumbu Racik, dan Indomilk. Indofood CBP Sukses Makmur sendiri merupakan anak perusahaan dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) yang mana kegiatan operasionalnya sudah tersebar di 50 pabrik yang ada di seluruh Indonesia. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memiliki enam divisi yakni divisi mie instan, produk susu, penyedap makanan, makanan ringan, nutrisi dan makanan khusus serta minuman. Untuk mendukung kegiatan usahanya, perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur juga membuat bisnis kemasan dan karton.

  1. Unilever Indonesia Tbk

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama perusahaan manufaktur di Indonesia yang satu ini, Unilever merupakan sebuah perusahaan manufacturing yang bergerak di sektor barang konsumsi berupa makanan, minuman, perlengkapan rumah tangga serta personal care, tak jarang produk dari Unilever kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, adapun beberapa merk produk Unilever yang terkenal antara lain Pepsodent, Pond’s, Blue Band, Sunlight, Dove dan Lifebuoy, adapun total jumlah produk  yang dibuat oleh Unilever ini berkisar hingga 400 merk di seluruh dunia.

  1. Kimia Farma (KAEF)
Baca Juga  Apakah anda Sudah Menerima Subsidi Gaji 1 juta, Segera Cek disini

Contoh perusahaan manufaktur di Indonesia adalah PT. Kimia Farma (KAEF), perusahaan Kimia Farma merupakan salah jenis perusahaan yang bergerak di sektor barang konsumsi berupa produk farmasi, selain menghasilkan produk obat dan vitamin PT. Kimia Farma juga menyediakan produk pelayanan kesehatan yang terintegrasi dengan klinik, apotek hingga laboratorium klinik. Pabrik-pabrik Kimia Farma mempunyai spesialisasi produk masing-masing yang mencakup obat bebas, generik, etikal, lisensi serta bahan baku.

  1. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk

Pabrik Kertas Tjiwi Kimia merupakan salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia yang bergerak dibidang industri kertas, perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1972 serta berlokasi di Sidoarjo dan Jakarta (Kantor Pusat). Adapun beberapa jenis produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini antara lain kertas karbon, kertas khusus, buku latihan, amplop, alat tulis dan lain sebagainya.

  1. Gudang Garam Tbk

Perusahaan manufaktur di Indonesia yang selanjutnya yakni PT. Gudang Garam Tbk, perusahaan ini merupakan pabrik manufaktur yang menghasilkan produk berupa rokok, PT. Gudang Garam sudah ada di Indonesia sedari tahun 1958 dan berpusat di Kediri, Jawa Timur. Adapun beberapa merk produk rokok yang cukup terkenal dari PT. Gudang Garam antara lain yakni kretek, surya dan gudang garam.

  1. Sri Rejeki Isman Tbk.
Baca Juga  Yuk, intip inspirasi Ekspor komoditas yang bisa dilakukan UMKM Riau di saat pandemic ini

Merupakan salah satu jenis perusahaan manufaktur di Indonesia yang menghasilkan produk tekstil dan garmen, perusahaan ini terletak di kota Sukoarjo yang dikenal dengan nama Sritex. Dalam kegiatan usahanya, PT. Sri Rejeki Isman mempunya empat bidang produksi yakni pemintalan, penemuan, finishing serta yang terakhir adalah pakaian busana. Sritex menjadi salah satu perusahaan manufacturing yang juga menghasilkan produk benang berkualitas tinggi, kain mentah hasil tenun, pewarnaan dan printing serta berbagai jenis seragam dan juga fashion.

  1. Sido Muncul Tbk

Perusahaan Sido Muncul merupakan salah satu daftar perusahaan manufaktur di Indonesia yang menghasilkan produk berupa jamu tradisional dan farmasi, perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1940, mulanya industri jamu Sido Muncul merupakan sebuah industri rumahan yang kemudian terus berkembang dan menjadi perusahaan besar. Adapun beberapa produk yang cukup terkenal dari perusahaan ini antara lain Tolak Angin, Kukubima dan Kopi Jahe.

  1. Kalbe Farma Tbk

Merupakan sebuah perusahaan internasional yang menawarkan produk farmasi, nutrisi dan layanan kesehatan serta suplemen. Adapun beberapa produk yang dikenal antara lain bintang toedjoe, promag, kalpanax, komix, mixagrip dan morinaga. PT. Kalbe Farma Tbk sendiri telah ada sejak tahun 1966 oleh 6 bersaudara yakni Khouw Lip Hiang, Khouw Lip Tjoen, Khouw Lip Swan, Maria kamila, Boenjamin Setiawan dan F.Bing Aryanto. Merk produk-produk Kalbe dinilai sebagai produk rumah tangga yang berkualitas sangat baik sehingga mampu memperkuat kapabilitas pemasarannya.

Nah, jadi itu dia beberapa perusahaan manufaktur di Indonesia yang wajib Anda tahu, semoga adanya ulasan di atas dapat bermanfaat ya untuk Anda, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *