Cutting metal with plasma equipment on plant.

Apa saja syarat untuk menjadi seorang WI, Dimana Pelatihannya

Apakah kamu mulai tertarik untuk menekuni profesi tersebut. Jika kamu ingin menjadi seorang inspektur las, ternyata ada syarat yang harus kamu penuhi. Apa saja syarat untuk menjadi seorang WI, berikut penjelasannya.

Syarat Menjadi Seorang Welding Inspector:

Syarat utama untuk bisa menjadi seorang inspektur las adalah mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Dan untuk bisa mengikuti pelatihan tersebut peserta diwajibkan memiliki ijazah minimal D3 atau mempunyai pengalaman bekerja di bidang welding minimal 3 tahun. Dan ada beberapa persyaratan administrasi lainnya yang bisa kamu tanyakan di tempat pelatihan.

Tak hanya syarat di atas, ternyata ada pengetahuan dasar yang harus dikuasai oleh WI. Adapun pengetahuan tersebut meliputi: welding process, heat treatment, pengetahuan material, inspection, reporting, drawing, serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Pengetahuan tersebut bisa di dapatkan ketika kamu mengikuti pelatihan.

Baca Juga  Pengujian Magnetic Test Sebagai Solusi Mendeteksi Cacat atau Diskontinuitas Pada Obyek

Di Indonesia ada beberapa tempat pelatihan WI. Berikut Tempat Pelatihan Welding Inspector:

  1. Pelatihan WI bertempat di Surabaya, tepatnya di PPNS
  2. Pelatihan inspektur las di Jakarta, tepatnya di Kampus Universitas Indonesia
  3. Pelatiha WI di PT BKI Jakarta
  4. Pelatihan WI yang bertempat di B4T berada di Bandung
  5. Pelatihan WI bertempat di Batam

Untuk biaya pelatihan WI terbilang tidak sedikit, dan tentunya berbeda beda untuk tiap tempat. Akan tetapi waktu pelatihan biasanya berlangsung sama, yakni selama 3 bulan. Saat mendaftar pelatihan WI ternyata ada juga program magang yang sudah sepaket dengan pelatihan tersebut.

Berikut adalah kisaran biaya untuk mengikuti pelatihan WI:

  1. Pelatihan WI di PPNS sebesar Rp. 14.500.000,->>> Klik Untuk Lihat Jadwal
  2. Pelatihan WI di B4T sebesar Rp. 17.000.000,- >>> Klik Untuk Lihat Jadwal
  3. Pelatihan WI di Cilegon sebesar Rp. 10.000.000,->>>Klik Untuk Lihat Jadwal
  4. Pelatihan WI di BKI sebesar Rp 12.500.000 >>>Klik lihat jadwal 
Baca Juga  Radiography Test NDT

Biaya tersebut bisa saja berubah sewaktu waktu, data yang kami peroleh berdasarkan data tahun 2019 silam. Untuk informasi terupdate bisa di akses pada laman website resmi dari instansi terkait. Meskipun biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, akan tetapi hal tersebut sebanding dengan gaji yang mereka peroleh.

Berikut tadi sudah kita bahas beberapa hal mengenai WI atau biasa dikenal dengan inspektur las. jika kalian tertarik pada profesi ini, maka kamu perlu menyiapkan persyaratan yang berlaku dan tentunya biaya yang cukup untuk mengikuti pelatihan WI.

Tak hanya menyiapkan persyaratan yang berlaku, kamu juga harus siap untuk menjalankan tugas sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh setiap perusahaan atau instansi terkait. Dan pastinya setiap perusahaan atau instansi memiliki peraturan dan kebijakan masing masing.

Baca Juga  Non Destructive Test (NDT), Pengujian tidak Merusak

Tak hanya perihal tugas saja, kamu juga harus siap untuk mempertanggungjawabkan semua yang sudah menjadi kewajibanmu. Mulai dari mempersiapkan segala material dan peralatan yang akan digunakan, serta memantau situasi kondisi ketika dilakukannya pengelasan, hingga tahap akhir harus kamu perhatikan dengan baik. Dan pastinya mengutamakan keamanan produk dan semua hal yang berkaitan dengan proses pengelasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *