welding Inspector

Apa Itu Welding Inspector? Berikut Penjelasan Welding Inspector yang Wajib Kamu Ketahui

Sudahkah kamu tahu tentang apa itu Welding inspector (WI) atau dikenal dengan nama inspektur las? Inspektur las atau welding inspector adalah orang yang bekerja mengecek ulang kualitas (quality control) pada produk pengelasan sesuai standar yang berlaku seperti ASME, API, AWS, dan BKI. Profesi ini sangat dibutuhkan ketika adanya proyek konstruksi baja serta proyek perpipa-an.

Tak hanya sebagai quality control, akan tetapi seorang welding inspector juga harus bisa menerapkan prosedur pengelasan sesuai dengan standar yang ada ke dalam sebuah produk, supaya produk hasil las dapat aman digunakan. Ada banyak produk yang biasanya perlu diperiksa oleh WI yaitu, kapal, kontruksi, boiler, pipa gas, dan beberapa produk yang dapat membahayakan dan sangat rawan rusak.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang welding inspector? perlu kamu ketahui apa saja tugas apa saja yang dikerjakan oleh seorang inspektur pengelasan. Ada tiga tahapan dalam proses pengelasan. Yang pertama sebelum pengelasan, yang kedua pengelasan berlangsung, dan yang terakhir adalah pengelasan selesai.

5 Tugas Welding Inspector:

  1. Pengawas Keselamatan (safety watchdog)
Baca Juga  Kode dan Badan Standar Untuk Non Destructive Test (NDT)

Tugas yang pertama adalah memastikan semua pengelasan sesuai dengan standar yang berlaku dan sudah ditetapkan oleh perusahaan atau instansi terkait. Tak hanya itu prosedur yang dilakukan juga harus sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku di perusahaan dan Negara tersebut.

  1. Meriview Dokumen

Tugas yang kedua adalah melakukan pengecekan ulang terkait dokumen yang ada, apakah dokumen tersebut valid atau tidak. Dokumen yang dicek meliputi: welding materials, building dan welding plan, equipment calibration, serta welding procedure specification.

  1. Inspeksi Sebelum Pengelasan

Tak hanya pasca pengelasan, tentunya sebelum dilakukan pengelasan wajib dilakukannya pengecekan atau inspeksi terhadap bahan material yang akan diuji. Dan juga harus dipastikan bahwa metode yang dilakukan sudah benar.

  1. Memantau Pengelasan

Ketika proses pengelasan sedang berlangsung tentunya harus dilakukan pemantauan terhadap produk, agar pengelasan berjalan lancar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

  1. Memeriksa Hasil Pengelasan
Baca Juga  Apa Itu Ultrasonic Testing? Mengenal Pengujian dengan Kekuatan Gelombang Suara

Tugas yang terakhir adalah melakukan pengecekan visual pada produk apakah terdapat kecacatan atau tidak. Dan tentunya melakukan evaluasi serta membuat laporan dan dokumentasi pekerjaan. Setelah dilakukan pengecekan, jika dijumpai adanya kecacatan WI bertanggung jawab pada proses repair atau perbaikan pada produk pengelasan.

 

Berikut 3 Tahapan Proses Pengelasan Beserta Tugas Seorang Welding Inspector:

  1. Tahapan Sebelum Pengelasan

Pada tahapan ini, welding inspector bertugas untuk melakukan pengecekan serta pemeriksaan peralatan dan dokumen, seperti:

  • memeriksa suhu sebelum pemanasan dilakukan,
  • memeriksa sambungan,
  • mengecek pengaturan arus dan kondisi elektroda,
  • memeriksa peralatan yang akan digunakan apakah berfungsi dengan baik,
  • memeriksa material yang akan digunakan, dan lain lain.
  1. Tahapan Pengelasan Berlangsung

Pada tahapan ini seorang inspektur las (WI) biasanya mencatat parameter las baik tegangan, arus, dan kecepatan harus sesuai dengan Welding Procedure Specification (WPS). Dan yang paling penting WI selalu mengecek kebersihan di sekitar, supaya tetap bersih.

  1. Tahapan Akhir Pengelasan
Baca Juga  Pengujian Magnetic Test Sebagai Solusi Mendeteksi Cacat atau Diskontinuitas Pada Obyek

Setelah pengelasan selesai biasanya dilakukan uji visual meliputi dimensi dan cacat visual pada produk. Lalu adanya evaluasi hasil dari pengelasan, setelah itu seorang welding inspector wajib membuat laporan pekerjaan serta mendokumentasikannya.

Berikut tadi merupakan tugas pokok serta tanggung jawab menjadi seorang WI atau inspektur las. tentunya tidak mudah bukan. Inspektur las bertanggung jawab terhadap kualitas produk baik dari kekuatan, keamanan, serta kenyamanan produk ketika digunakan. Tugas berat tersebut tentu setara dengan gaji yang mereka dapat. Ternyata gaji seorang welding inspector lumayan tinggi juga loh.

Besaran gaji welding inspector yang didapatkan tiap orang, memiliki nominal yang relative. Untuk seorang fresh graduate biasanya mendapatkan gaji sebesar 6 juta rupiah. Akan tetapi jika pekerjaan tersebut berada di luar Jawa, gaji yang didapatkan biasanya bisa lebih besar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh masing masing orang. Bahkan gajinya saja bisa mencapai puluhan juta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *