antrian umkm bri

Wajib Tahu, Begini Cara Daftar UMKM Online Gratis

Tahukah Anda saat ini Pemerintah tengah mengeluarkan program bantuan bagi para pelaku UMKM, bantuan tersebut ditujukan untuk menyebarkan stimulus pemulihan ekonomi di kala pandemi. Lantas bagaimana syarat dan tata cara daftar UMKM online, berikut ulasannya.

Inilah Syarat Daftar UMKM Online

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, pemerintah saat ini tengah gencar meluncurkan berbagai program bantuan, seperti program Banpres BPUM atau Bantuan Langsung Tunai UMKM 2021 yang ditujukan untuk para pelaku UMKM, setidaknya tersedia anggaran sebesar 15,36 triliun rupiah yang pemerintah gelontorkan untuk program ini. Adapun besaran bantuan UMKM yang akan diterima oleh tiap pelaku usaha nantinya yakni sebesar 1,2 juta rupiah. Untuk bisa daftar bantuan UMKM online terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, pastikan bahwa Anda memenuhi syarat-syarat pendaftaran seperti di bawah ini:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Bukan merupakan ASN, Anggota Polri/TNI, karyawan BUMN ataupun BUMD.
  4. Mempunyai Usaha Mikro atau UMKM.
  5. Tidak sedang memperoleh pembiayaan bank atau Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  6. Khusus bagi pelaku usaha mikro dengan domisili KTP yang berbeda dengan daerah tempat usaha maka dianjurkan melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).
Baca Juga  Apakah anda Sudah Menerima Subsidi Gaji 1 juta, Segera Cek disini

Baca Juga Begini Cara Cek Penerima UMKM, Apakah Anda Salah Satunya ?

Baca Juga Begini Cara Daftar UMKM Riau Secara Online

Cara Daftar UMKM Online 2021 

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar dalam program bantuan UMKM ini, ada beberapa cara daftar UMKM online yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Pertama bukalah laman website https://oss.go.id/portal/informasi/content/panduan_mikro_kecil untuk melihat panduan pendaftaran cara daftar UMKM online.
  2. Selanjutnya buatlah akun dan login pada https://os.go.id.
  3. Klik pilihan “Perizinan Berusaha”, kemudian klik “Perseorangan”.
  4. Setelah itu, untuk jenis usaha mikro Anda dapat memilih “Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) Perseorangan Mikro” sedangkan untuk usaha kecil perseorangan Anda dapat memilih “Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) Kecil.
  5. Lanjutkanlah dengan proses izin usaha dan Nomor Induk Berusaha.
  6. Setelah itu, lengkapi isian pada kolom data profil, kemudian klik “simpan” dan pilih “lanjutkan”
  7. Klik pilihan “tambah usaha” pada lembar formulir data usaha, lengkapilan isian data yang dibutuhkan dalam formulir tersebut, pilih “simpan” dan “selanjutnya”.
  8. Jika Anda mempunyai lebih dari satu UMKM maka Anda dapat mengklik “tambah usaha”, kemudian klik “selanjutnya”. 
  9. Berikutnya melalui formulir komitmen prasarana usaha, Anda dapat mengirimkan permohonan izin lingkungan dan lokasi usaha, setelah itu klik “selanjutnya”.
  10. Cara daftar UMKM online yang selanjutnya adalah memeriksa kembali data yang telah diisikan sebelumnya, jika dirasa sudah benar maka ceklis kotak disclaimer dan klik “Proses NIB”.
Baca Juga  Ini Dia, 11 Perusahaan Manufaktur di Indonesia Terbesar dan Terpopular

Baca Juga Ini Dia Cara Cek Daftar Penerima UMKM Eform BRI

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah cara daftar UMKM online di atas, selanjutnya Anda juga disarankan melakukan proses pendaftaran izin komersial/operasional, jika dibutuhkan. Adapun cara untuk melakukan pendaftaran izin komersial/operasional ini adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu “permohonan>IUMK>izin komersial/operasional”.
  2. Pilihlah nomor NIB atau nama kegiatan usaha yang Anda miliki, kemudian klik “pilih NIB”.
  3. Selanjutnya, jika daftar kegiatan usaha sudah muncul, Anda dapat mengklik “pilih kegiatan usaha”, pilihlah “izin komersial/operasional.
  4. Lengkapilah setiap isian data yang dibutuhkan, jika sudah klik “lanjut dan simpan”.
  5. Klik “preview izin” untuk memeriksa kembali data yang telah diisikan, jika dirasa sudah benar Anda dapat mengklik pilihan “simpan dan lanjutkan”.
  6. Terakhir klik “preview izin komersial/operasional” yang baru saja diterbitkan OSS pada laman output izin komersial/operasional. Nah sekarang proses pendaftaran sudah selesai, pastikan Anda melakukan cara daftar umkm 2021 gratis dengan runtut ya pastikan semua isian telah terisi lengkap dan benar.
Baca Juga  Begini Cara Daftar UMKM Riau Secara Online

Bagaimana Anda tertarik untuk mendaftar program bantuan UMKM ? semoga ulasan mengenai syarat dan cara daftar UMKM online di atas dapat bermanfaat ya untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *