eform bri

Ini Dia Cara Cek Daftar Penerima UMKM Eform BRI

Kabar baik tentang pencairan dana bantuan langsung tunai atau yang lebih akrab disebut BLT ini datang langsung dari pemerintah. Hal tersebut bisa dicek dengan mengunjungi langsung halaman resmi dari e-form BRI yakni di eform.bri.co.id/pbum. Itulah sebabnya banyak yang mencari tahu tentang bagaimana cara cek daftar penerima UMKM eform BRI dari berbagai macam sumber. Nah, jika Anda salah satunya, maka Anda berada pada halaman yang tepat untuk mengetahui cara tersebut.

Cara Cek Daftar Penerima UMKM Melalaui Eform BRI

Tujuan pengecekan penerima bantuan melalui e-form BRI ini yakni untuk memastikan apakah pelaku UMKM yang bersangkutan berhak atau tidak tentang dana BLT. Sedangkan dana tersebut sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan produktivitas dari pelaku UMKM sebagai penerimanya di masa pandemi seperti sekarang ini. Nah, untuk langkah-langkah pengecekannya sendiri yakni sebagai berikut.

  • Masuk ke Website Resmi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi website eform.bri.co.id/bpum. Pastikan penulisan alamat websitenya benar dan perhatikan pula besar kecilnya huruf yang diketikkan.

  • Masukkan Nomor Identitas
Baca Juga  Cari Ide Buka Bisnis UMKM dari Makanan Khas Riau

Cara cek daftar penerima UMKM BLT yang selanjutnya adalah dengan memasukkan nomor identitas penerima. Nomor identitas penerima sendiri diisikan dengan nomor KTP. Pastikan pula tidak ada kesalahan input setiap nomornya supaya proses selanjutnya bisa berjalan dengan lancar.

  • Memasukkan Kode Verifikasi

Setelah mengisi nomor identitas berupa nomor KTP, maka langkah selanjutnya adalah mengisikan kode verifikasi yang diminta oleh sistem. Hal tersebut guna memastikan apakah yang melakukan pengecekan benar-benar si pemilik KTP atau tidak.

  • Proses Inquiry

Cara cek daftar penerima umkm eform BRI sejauh ini bisa dinyatakan sudah lancar ketika proses verifikasi berhasil. Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada proses inquiry yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Yakni hanya dengan klik saja perintah inquiry yang ada di hadapan Anda saat itu.

  • Penerimaan Pemberitahuan
Baca Juga  Diskon Tarif Listrik PLN, Berikut Cara Mendapatkannya

Setelah semua proses Anda lakukan dengan benar, maka selanjutnya akan ada pemberitahuan terkait informasi yang menunjukkan apakah Anda merupakan salah satu penerima BLT UMKM atau tidak. Mudah bukan?

Cara Daftar BPUM

Jika belum terdaftar sebagai penerima BPUM atau BLT UMKM usai melakukan cek daftar penerima umkm, Anda juga dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Memenuhi Syarat-Syarat yang Diminta

Syarat-syarat yang menjadi patokan seseorang dapat mendaftar bantuan satu ini dapat berupa status sebagai WNI, bukan penerima KUR, belum pernah mendapatkan bantuan BPUM maupun sudah mendapatkan BPUM di tahun-tahun sebelumnya, memiliki kartu identitas berupa KTP elektronik, bukan merupakan ASN, bukan anggota TNI maupun kepolisian, dan juga bukan pegawai BUMD maupun BUMN, serta memiliki usaha mikro yang bisa dibuktikan dengan surat usulan.

  • Usul Kepada Kadiskop UKM
Baca Juga  Bansos PPKM

Setelah semua syarat terpenuhi, maka langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengusulkan diri kepada dinas Kadiskop UKM setempat untuk tindak lanjut berikutnya.

  • Membawa Dokumen Persyaratan yang Diminta

Terdapat beberapa dokumen yang harus Anda bawa bersamaan dengan proses pengusulan kepada dinas Kadiskop. Di antara dokumen-dokumen yang harus Anda persiapkan yaitu berupa nomor induk yang disesuaikan dengan KTP Elektronik, nomor yang tertera pada kartu keluarga, nama lengkap calon penerima disertai alamat lengkap yang disesuaikan dengan KTP, dokumen bukti adanya bidang usaha yang sedang dijalankan disertai dengan kontak atau nomor telepon aktif.

Setelah mengetahui cara cek daftar penerima umkm eform BRI dan tahu ternyata Anda bukan termasuk penerima bantuan yang dimaksud, maka Anda bisa langsung mengikuti langkah pendaftaran menjadi penerima bantuan BLT UMKM atau BPUM. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *