Bansos PPKM

Bansos PPKM

Bansos PPKM pada dasarnya merupakan bantuan sosial yang diberikan oleh masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang memenuhi beberapa kriteria tertentu. Bantuan sosial ini diberikan pada masyarakat tepatnya selama masa PPKM berlangsung. Sekedar untuk diketahui dan untuk mengingatkan kembali bahwa masa PPKM saat ini mengalami perpanjangan hingga 2 Agustus. Sampai dengan sekarang ini PPKM terus dijalankan sehingga hal ini membuat beberapa orang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Selama masa PPKM berlangsung sudah tentu masyarakat akan mengalami kesulitan terutama dalam hal mencari uang atau menafkahi keluarga.

Jenis Bansos PPKM

Ada beberapa jenis bansos PPKM yang diberikan pemerintah. Di antaranya seperti yang tertera berikut di bawah ini.

  1. BST

Salah satu jenis bansos yang berlaku di negara ini adalah BST atau Bantuan Sosial Tunai. Program BST selama ini terus mengalami perpanjangan dan sekarang ini diadakan sampai dengan bulan Juli 2021. Hingga saat ini rupanya bantuan BST yang telah disiapkan dan disalurkan sudah mencapai jumlah sebesar 6,14 triliun. Dana sebesar ini pun dialokasikan untuk 10 juta keluarga yang diharapkan nantinya dapat merasakan manfaat dari program BST ini.

  1. BPNT
Baca Juga  Ikuti bagaimana cara cek penerima BSU melalui situs BPJS Ketenagakerjaan

Selanjutnya hadir pula jenis bantuan dari pemerintah dengan nama dan bentuk yang lain dari BST. Bantuan sosial berikutnya adalah BPNT atau yang biasa disebut dengan istilah kartu sembako. Bantuan berupa kartu sembako ini rupanya mengalami perpanjangan oleh pihak pemerintah. Bantuan ini dialokasikan untuk 18,8 juta KPM lebih tepatnya untuk bulan Julu dan Agustus serta bulan September di tahun ini. Bagi Anda yang menerima kartu smebako akan mendapatkan 200 ribu per bulan dan dana ini akan disalurkan melalui Himbara atau Himpunan Bank-bank Milik Negara.

  1. PKH

Kemudian ada pula jenis bansos yang lainnya yaitu PKH atau Program Keluarga Harapan. Mungkin istilah ini sudah cukup familiar bagi warga masyarakat. PKH sendiri merupakan suatu program yang diadakan dengan tujuan untuk memberikan bantuan sosial bersyarat. Sasaran bantuan PKH ini adalah KM atau Keluarga Miskin. Dengan menerima bantuan PKH maka diharapkan agar masyarakat yang masih hidup dalam garis kemiskinan setidaknya bisa tertolong dan bisa merasakan manfaat dari program PKH.

  1. KPM
Baca Juga  Penyebab Listrik Boros Dan Kebiasaan Yang Menyebabkannya

Bansos yang terakhir adalah bansos KPM yang dialokasikan untuk 5,9 juta penerima baru. Siapa saja yang menjadi penerima baru ini lebih tepatnya diusulkan oleh pihak pemerintah daerah. Tentunya penerima KPM merupakan warga yang belum terdaftar sebagai penerima bansos Kartu Sembako. Bagi penerima KPM akan mendapatkan bantuan yaitu sebesar 2000 ribu per bulan. Penerimaan bantuan ini akan berlangsung selama 6 bulan. Sampai dengan diturunkannya berita ini diketahui bahwa anggaran yang telah disiapkan untuk program ini mencapai 7,08 triliun.

Cek Penerima Bansos PPKM

Bansos PPKM sudah pasti akan sangat menolong warga masyarakat. Khususnya bagi warga masyarakat yang hidup dengan kondisi finansial atau kondisi perekonomian terbatas. Untuk itu bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut apakah menerima bansos tersebut atau tidak bisa melakukan cek penerima bantuan sosial PPKM tersebut.

Baca Juga  Apakah anda Sudah Menerima Subsidi Gaji 1 juta, Segera Cek disini

Melakukan pengecekan diri bisa dilakukan dengan lebih mudah. Anda hanya perlu membuka laman yang tersedia untuk cek bansos. Laman umumnya tersedia di website kemensos https://cekbansos.kemensos.go.id. Jika Anda telah menemukannya maka masukkan saja data diri yang meliputi nama dan alamat lengkap. Nantinya akan diperoleh hasil yang menunjukkan apakah Anda termasuk sebagai warga penerima bantuan sosial khususnya pada masa PPKM ini ataukah tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *