TV DIgital
Gambar Ilustrasi kominfo.go.id

Mengenal tentang Televisi Digital di Indonesia

Semakin waktu berjalan, teknologi pun semakin berkembang, dan Pemerintah pun akan mulai untuk melakukan migrasi awal dari siaran televisi analog menuju televisi digital indonesia. Lantas apa saja kelebihan dari siaran TV digital dibandingkan dengan analog serta bagaimana aturan dari jangkauan sinyalnya?

Menurut dari direktur penyiaran Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Geryantika kurnia berkata jika perkembangan televisi digital di indonesia sekarang eksisting hanya menjangkau 68 persen dari seluruh wilayah di Indonesia. Sementara dibalik itu terdapat sebanyak 38 persen daerah yang masih saja blank spot.

Kelebihan dari Televisi Digital

Lalu untuk Kelebihan dari siaran televisi digital, beliau menjelaskan jika televisi digital indonesia bukanlah sebuah televisi dengan cara streaming menggunakan ponsel dengan internet. Lalu juga bukanlah sebuah televisi yang siaran televisi digital nya mengharuskan anda untuk berlangganan melalui kabel atau satelit, TV Box atau Smart TV yang harus terhubung dengan internet, serta TV satelit yang harus menggunakan parabola.

Baca Juga  Langkah-langkah Menggunakan Whatsapp Web di Laptop Atau PC. Mudah Dan Praktis!

Hal tersebut karena Televisi Digital adalah sebuah televisi free-to-air yang menggunakan sistem digital. Selain itu beberapa kelebihan dari televisi Digital yang disampaikan Gery adalah seperti dibawah,

  • Anda Tidak diharuskan untuk berlangganan
  • Penerimaannya menggunakan sebuah antena UHF yang mirip dengan Televisi analog
  • Kualitas gambar maupun suaranya sudah sangat baik dan bahkan disebut superior
  • Tidak akan berbintik sampai kabur jika sinyal anda melemah.

Cara menonton siaran TV Digital 

Lantas, jika ingin mulai menonton siaran televisi digital, anda harus bagaimana? Berikut inilah penjelasan dari cara anda supaya bisa menonton televisi digital indonesia,

  1. TV Analog

Bagi pengguna TV analog, anda pun bisa memasang Set Top Box DVBT 2 untuk televisi yang memang cuma bisa menangkap siaran analog sana. Selain menggunakan set tersebut, anda juga harus menggunakan antena rumah biasa atau yang sering disebut UHF.

  1. TV Digital
Baca Juga  Simpel Banget, 3 Cara Download Youtube

Lalu untuk anda yang sudah menggunakan Televisi yang sudah dilengkapi penerima siaran digital DVBT2, anda tidaklah perlu untuk menggunakan STB tetapi cuma menggunakan antena rumah biasa atau UHF.

Cara menggunakan STB 

Jika sudah memiliki STB, bagaimana cara menggunakannya bagi pemilik televisi analog? Berikut penjelasannya,

  • Pertama-tama, pasang kabel RCA yang sebelumnya sudah anda sambung ke televisi.
  • Anda pun juga bisa menggunakan kabel HDMI dalam menggantikan kabel RCA tersebut
  • Jika sudah, Selanjutnya anda mulai pasang kabel antena ke STB.
  • Lalu Klik menu di remote dan pilih DVB-T2 pada mode pencarian
  • Klik pencarian otomatis dan klik OK
  • Anda Tunggu menunggu proses pencarian sampai selesai, dan selanjutnya anda pun sudah dapat melihat siaran pada TV Digital.
Baca Juga  Langkah Mengirim Video Melalui Telegram, Gampang dan Cepat

Berdasarkan pantauan, sudah diketahui jika harga STB cukup bervariasi, dengan kisaran harga Rp 200.000-300.000. Dan untuk anda yang sedang mencari STB maupun TV Digital, pada market place anda bisa melihat sebuah MODI atau Maskot TV Digital Indonesia yang nantinya akan dapat memudahkan anda untuk membeli STB atau televisi digital indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *